Citra Mutiara Online Pearl Shop

Berbisnis dengan Hati (-hati)

Sebenarnya, saya lebih suka menulis lepas seperti ini daripada menulis artikel baku. Di beberapa tulisan sebelumnya tentang mutiara, saya menulis berdasarkan data, bukan berdasarkan “apa kata saya”. Jadi, kali ini lebih khusus tentang apa saja yang saya alami selama menggeluti dunia jual beli online dan offline. Saya hobi menulis, membaca juga, tulisan-tulisan lepas saya bisa dibaca juga di blog pribadi saya: www.riniandarstuti.blogspot.com
Pertama kali bisnis mutiara berawal ketika saya masih kuliah tahun 2008, waktu itu masih kecil-kecilan sekali.

Namanya mahasiswa yang mencoba memperkenalkan aset daerah di tanah seberang, ketika itu barang laku sebulan hanya beberapa biji aksesoris mutiara tawar, rasanya sangat gembira. Nama online shop saya dulu Pearl Hoz. Lalu tahun 2011 saya menikah dengan (alhamdulillaah) seorang lelaki yang suka  mutiara juga dan memiliki toko bernama Toko Citra Mutiara. Akhirnya jadilah sejak saat itu saya resmi menutup toko online saya dengan nama Pearl Hoz dan bersama-sama membesarkan Toko Citra Mutiara.

Bisnis tidak selamanya selalu untung, meski dalam tiap transaksi itulah yang diharapkan orang. Kami tau rasanya untung, rugi, ditolak, disanjung, disukai, bahkan dijauhi. Semua adalah proses. Proses untuk semakin berbesar hati dan menikmati bisnis dengan hati dan hati-hati. Kenapa hati-hati? Karena bisnis perhiasan resikonya besar. Jangankan jualan online seperti ini…jual-beli di toko pun harus hati-hati agar tidak merugikan orang lain dan diri sendiri tentunya. Bisnis seperti ini berhubungan dengan orang banyak: reseller, pembeli, tukang yang bekerja dengan kami, karyawan, kurir, serta calon-calon pembeli yang rajin berkunjung, baik yang datang secara langsung maupun melalui jejaring sosial dan website.
Saya tidak mau muluk-muluk berpromosi bahwa toko saya lah yang terbaik, yang paling murah, yang paling bagus, dan sebagainya. Berjualan apa adanya saja. Menjunjung tinggi kejujuran dari awal hingga akhir proses jual-beli. Saya tidak jualan foto, meski memang saya selalu berusaha memberi foto-foto terbaik yang bisa disalin para reseller. Namun, jika kondisi barang tidak sempurna, maka sebisa mungkin akan saya informasikan terlebih dahulu kepada calon pembeli sebelum barang sampai ke tangan mereka. Mengirim paket sesegera yang kami bisa, meski tidak selalu tepat pada hari-H. Ada kalanya proses pengiriman tidak berjalan seperti yang diharapkan, sehingga paket jadi lama sampai (walau sudah pakai jasa YES). Kadang di jalan ada yang kebanting, sehingga begitu tiba di tangan pembeli ada yang copot/cacat. Pembeli yang bijak biasanya langsung konfirmasi tanpa tiba-tiba marah-marah. Namun, kadang ada juga yang langsung ngomel dan menuduh kami mengirim barang rusak. InsyaAllah kami bisa dipercaya dan siap bertanggung jawab atas barang-barang yang Anda beli. Kami tidak mungkin mengirim barang rusak atas harga yang dibayar pembeli. Jadi, harap dimaklumi jika kadangkala tidak bisa memberi pelayanan 100% seperti yang Anda minta. Tetapi, percaya saja…kami melayani dengan hati dan akan selalu berusaha optimal untuk itu.
Sekian lama bergelut dalam bisnis ini, alhamdulillah banyak teman-teman yang puas dengan kualitas produk dan pelayanan kami. Tapi tidak menutup kemungkinan (pasti) ada saja yang tidak sependapat. Kami hargai pendapat masing-masing dan terus fokus pada perbaikan diri. Bukankah sejatinya jual beli juga atas dasar suka-sama-suka? Jika tidak suka, kami tidak bisa memaksa anda untuk berbelanja.
Jika anda ingin bergabung sebagai reseller Toko Citra Mutiara, kami ikhlas untuk diambil foto-foto pada halaman facebook, silakan. Semoga bisa sama-sama memberi manfaat. Namun, kejadian yang kadang bagi saya agak “bikin bete” adalah kalau ditanya-tanya tentang produk, diambil fotonya, ditanya harga, tapi tiba-tiba jualan dan membeli dari toko lain. Rasanya seperti ditikung, hahahaha. Tapi lagi-lagi itulah resiko, dan kami harus siap dengan resiko semacam itu.
Jadi ingat komentar teman saya: “Hati-hati dengan penjual foto dan pembeli palsu”. Ya, harus hati-hati…baik Anda sebagai pembeli maupun penjual. Kadang ada yang bertanya: “Saya pengen belanja, tapi nanti kalau saya kirim uang duluan barangnya dikirim gak ya?” Kalau sudah seperti itu, saya yang bingung. Karena di awal pikirannya sudah was-was, maka saya cuma bisa sarankan “Pasti kami kirim bu, tapi kalau ibu ragu-ragu..silakan di mulai dengan belanja yang kecil-kecil saja dulu..jangan langsung beli emas…demikian”.
Pada akhirnya, kami berterima kasih pada seluruh teman-teman yang sudah berjuang membesarkan Toko Citra Mutiara , karyawan yang telaten, pembeli yang hangat dan bersahabat, reseller yang bikin heboh, pak kurir yang berjasa besar, dan tukang-tukang tradisonal Sekarbela yang bekerja di bawah desakan waktu, hehe. Terima kasih dan salam sukses untuk kita semua.

Tags: , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *