Perbedaan Alpaka dan Perak, Serupa tapi Tak Sama

Apa itu alpaka?
Menurut wikitionary.org alpaka adalah campuran antara nikel, tembaga dan seng yang berkilau seperti perak. Saat ini aksesoris berbahan dasar alpaka sangat digemari di kalangan masyarakat karena sifat dan perawatannya yang mirip sekali dengan perak namun harga relatif lebih murah. Alpaka tidak memiliki kandungan perak, namun warna bisa persis perak. Orang awam yang belum mengenal logam ini pasti akan menyangka bahwa aksesoris alpaka yang dia beli berasal dari perak jika tidak dijelaskan terlebih dahulu oleh penjual.
Apakah dengan adanya alpaka posisi perak menjadi tergeser?

Tentu saja tidak. Alpaka hanya alternatif pengganti. Perak sudah memiliki sasaran pelanggan setia yang sulit berubah. Lagipula tidak semua orang menggemari alpaka. Meski warnanya sama, sifat alpaka yang keras membuatnya sulit “diatur” menjadi sebuah aksesoris bertekstur halus dan sangat rapi. Lain halnya dengan perak yang ketika di desain bisa menjadi begitu cantik dengan lekukan sempurna. Perak juga memiliki sifat yang unik, yakni semakin sering digunakan maka perubahan warnanya akan semakin lambat daripada tidak digunakan.
Alpaka atau perak? Semua adalah pilihan Anda, tergantung selera.
Berikut ada beberapa tips yang saya dapatkan dari browsing sana-sini di internet tentang cara merawat aksesoris perak dan alpaka anda:
1. Pisahkan tempat penyimpanan aksesoris perak/alpaka dengan perhiasan lain. Taruh di tempat kering dengan suhu ruangan yang bagus.
2. Hindarkan perak/alpaka dari benda yang mengandung acid, sulfur, menthol, chloride, deterjen, minyak, dan garam. Bahan-bahan tersebut umumnya terdapat dalam sabun, parfum, kosmetik, kolam renang, air laut, dan masakan-masakan di dapur. Bahan-bahan ini bisa menyebabkan perak mudah kusam dan tampak “berkarat”.
3. Jika anda ingin menggunakan perak/alpaka untuk pemakaian sehari-hari, pastikan anda melepasnya ketika melakukan pekerjaan-pekerjaan rumah tangga seperti memasak dan mencuci.
4. Ketika perak/alpaka anda mulai kusam, anda bisa mengelapnya dengan kain perbersih khusus perak yang dijual di pasaran, cukup digosok dan aksesoris anda akan terlihat seperti baru. Jangan lupa mencuci tangan dengan sabun setelah anda memegang kain ini.
5. Berhati-hatilah dalam menggunakan aksesoris perak anda, jika terjatuh atau terkena benturan kadang kala perak akan menjadi penyok. Hal ini disebabkan kadar perak yang tinggi dalam aksesoris tersebut sehingga sifatnya menjadi lebih lunak.
Demikian, selamat beraktivitas dan selamat berbelanja di Toko Citra Mutiara ^_^

Tags: , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *