Perbedaan Mutiara Air Tawar dan Mutiara Air Laut

Bismillaah…

Mungkin terkesan terlambat untuk berbagi informasi semacam ini, namun bukankah tidak ada kata terlambat untuk belajar?
Sebelum mencari-cari tahu perbedaan mutiara air tawar dan laut, perlu dipahami bahwa pada dasarnya mutiara dikelompokkan menjadi:
A. NATURAL PEARL (non-cultured pearl) alias mutiara alam, benar-benar hidup dan besar di alam secara liar, tidak dibudidayakan secara sengaja maupun dipelihara oleh manusia. Jenisnya beraneka ragam, namun umumnya tidak dijual pada pasaran luas. Biasanya digemari oleh kolektor saja atau kalangan khusus yang melihatnya dari segi kesehatan, karena konon diyakini oleh sebagian orang mutiara alam memiliki energi alami khusus untuk penyegaran fisik dan rohani. Antara lain jenisnya yang terkenal adalah: kima, binga, kepala kambing, keshi, dan lain-lain. Dari kesemuanya; keshi adalah yang paling banyak dicari dan lebih mudah didapatkan.
B. CULTURED PEARL alias mutiara budidaya. Kelompok budidaya inilah yang sekarang mendunia dan tersebar merata pada pasaran mutiara untuk perhiasan. Diperkirakan hampir 90% mutiara yang beredar adalah hasil budidaya. Mengpa begitu banyak? Karena industri peternakan mutiara sudah tersebar dari perairan Amerika, Asia Selatan, Asia Tenggara hingga Australia.
Lalu jenis yang terkenal adalah: mutiara air laut selatan (southsea pearl), mutiara tahiti (tahitian pearl), mutiara air laut jepang (akoya pearl), mutiara air tawar (freshwater pearl).

**APA ITU MUTIARA AIR LAUT?

Butiran Mutiara Air Laut Grade A Eksport Murah Harga Grosir di Toko Citra Mutiara Lombok

Mutiara air laut adalah mutiara yang hidup, besar, dan diternakkan di laut. Jenis kerangnya berbeda-beda namun tetap hidup hanya pada perairan asin.
**APA ITU MUTIARA AIR TAWAR?
Mutiara air tawar adalah mutiara yang hidup, besar, dan diternakan di perairan tawar. Jenis kerangnya berbeda-beda namun tetap hidup hanya pada perairan darat semisal danau atau tambak darat.
**MENGAPA MUTIARA AIR LAUT LEBIH MAHAL?
Karena proses ternak hingga pane

n pada kerang mutiara air laut jauh lebih lama dibandingkan dengan kerang mutiara air tawar. Untuk menghasilkan butiran mutiara air laut diperkirakan membutuhkan waktu 2-3 tahun…sedangkan mutiara air tawar hanya memerlukan waktu sekitar 6-24 bulan untuk mencapai diameter sekitar 9 mm. Itu pun dalam sekeping kerang mutiara laut, hanya ada beberapa butir yang bisa “jadi”, dan dari beberapa butir tersebut terkadang hanya ada 1-2 butir yang bulat, lainnya tidak sempurna. Pada kerang mutiara air tawar peternak bisa panen dengan hasil indah yang rata dan sebentuk.

Wallahu’alam…

Tags: , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *