Apakah Semua Warna Mutiara itu Asli dari Dalam Kerangnya?

Bismillaah…

Warna pada mutiara yang dijual saat ini tidak semuanya warna asli dari  warna bibir kerangnya (oeyster).

Pada mutiara air laut jenis South Sea Pearl — yang dihasilkan dari kerang jenis Pinctada maxima — warna umumnya adalah putih, gold (warna emas), silver  (abu muda) dan kombinasi warna-warna tadi semacam krem, putih keabuan, dan putih semu pink.

Pada jenis Tahitian Pearl — yang dihasilkan oleh kerang Pinctada margaritifera — warna umumnya adalah hitam dan berbagai macam turunannya.

Pada jenis Freshwater Pearl — yang dihasilkan oleh kerang Margaritifera margaritifera — warna umumnya adalah putih, pink, oranye, peach (perpaduan antara pink dan oranye), dan seluruh turunan warna-warna di atas.

Jadi jika ditemukan warna-warna selain warna-warna di atas maka besar kemungkinan warna tersebut adalah warna buatan. Bukan warna alami dari dalam kerangnya, misal: coklat tua mengkilap dan hijau tua mengkilap pada mutiara air laut, dan beberapa warna gold. Lalu warna-warna cerah yang mencolok pada mutiara air tawar seperti merah, hijau, kuning, biru, ungu, hitam, dll adalah buatan semua.
Bagaimana proses pewarnaannya?
Proses pewarnaan pada mutiara air laut dan air tawar tidak jauh berbeda. Biasanya proses ini dilakukan oleh pabrik atau peternak besar di luar negeri. Di Lombok hampir belum berkembang prosesnya seningga hanya bisa memasarkan saja, tidak bisa memroses warna buatan. Mungkin ada segelintir orang yang sudah bisa melakukan proses pewarnaan ini, namun masih dalam skala kecil.

Bagaimana mengetahui bahwa mutiara warna gold yang kita beli adalah warna alami? Kalau hijau terang dan coklat terang kan sudah kentara, sudah lumrah. Lalu kalau gold bagaimana? Sedangkan mutiara gold terkenal sebagai warna paling mahal di antara warna lain.
Jika sering melihat mutiara gold secara langsung insyaa Allah akan bisa terlihat bedanya. Namun jika ragu-ragu…mutiara bisa direndam di cairan aseton kemudian digosok dengan tissu. Warna alami akan semakin bersih dan mengkilap melewati proses ini…namun warna buatan akan menjadi pudar secara halus, perlahan tapi pasti.

Namun belakangan ini kami sering mendapat hasil panen mutiara air laut berwarna pink alami dari peternak langsung. Mengapa demikian? Bukankah mutiara air laut Indonesia umumnya hanya gold dan putih saja? Bisa jadi pada beberapa hasil panen ada yang berbeda sekitar beberapa butirnya…..konon, pemberian pakan ternak yang berbeda bisa menjadi  pemicu perubahan warna hasil mutiara air laut menjadi pink atau hijau muda alami.

Ada baiknya sebelum membeli bertanya dengan teliti dahulu kepada penjualnya. Wallahu’alam.

Tags: , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *